Multimedia
Pengertian Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu (tool) dan
koneksi (link) sehingga
pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam
dunia hiburan. Selain
dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game. Multimedia dimanfaatkan juga
dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia
digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil
produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam
sistem e-learning. Pada awalnya
multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar
diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi
indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga
kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia
mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3
dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton.
Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense
realistis. Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi
reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau,
seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing
bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat
output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan
berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau
yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan
printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta.
Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
Konsep
Multimedia
Dalam konsep multimedia
dibagi mernjadi dua yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif.
Multimedia linier
didefinisikan yaitu :
- Multimedia Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), Multimedia jenis ini bisa diliat pada semua jenis film, Tutorial Vidio, dll.
- Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. contohnya: TV dan film.
- Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film
Multimedia interaktif
didefinisikan yaitu :
· Multimedia
Interaktif adalah jenis multimedia interaksi, artinya ada interaksi antara
media dengan pengguna media melalui bantuan komputer, mouse keaboard.
· Multimedia interaktif adalah
suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan
oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk dip
roses selanjutnya.contoh multimedia interaktif adalah multimedia pembelajaran
interaktif, aplikasi game.
Pemanfaatan
Multimedia
Pada dasarnya pemanfaatan dari multimedia
mencakup berbagai bidang. Berikut merupakan bidang-bidang yang memanfaatkan
multimedia.
1. Di Bidang Pendidikan
Berikut ini
adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi
alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar:
a. Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran
b. Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran
c. Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan
d. Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
e. Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
f. Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu
pengetahuan
g. Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
h. Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran
i. Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi
terkini
j. Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah
pengajaran
k. Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih
menyenangkan
l. Multimedia memudahkan pembelajaran yang berpusatkan pada siswa karena
siswa diberi kebebasan memilih bahan pembelajaran sendiri dan belajar pada
kadar yang sesuai dengan diri sendiri
m. Multimedia mengajari setiap siswa dengan gaya pembelajaran yang
berbeda
n. Multimedia menggalakkan pembelajaran kooperatif dan interaktif di
antara siswa melalui diskusi
o. Multimedia memudahkan pembelajaran yang berasaskan konstruktivisme.
p. Multimedia memudahkan siswa mempunyai kebebasan belajar sendiri tanpa
dipengaruhi oleh pihak-pihak lain.
q. Siswa dapat memilih bahan pembelajaran sendiri dan
belajar dengan kadar yang sesuai dengan minat dan kehendak sendiri
.
2.
Di Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor
detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ
dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan
Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan
teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti
Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang
digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.
3. Di Bidang Lain
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat
membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya
adalah :
Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin
yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak
buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa
menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia,
butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama
untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.
Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film
semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer.
Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi
komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood
berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan
kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah
mirip dengan kejadian nyata.
Aplikasi
Multimedia
Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang dirancang
serta dibangun denganmenggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen,
suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari
aplikasi multimedia dapat berup company profile, videountuk tutorial, e-Learning , maupun Computer Based Training
Komponen aplikasi multimedia terdiri dari :
1.
Grafik
2.
Text
3.
Video
4.
Sound
5.
Animasi
Referensi :